Menetukan Jenis Segitiga dengan Bahasa Pemograman



1. /* Program untuk Menentukan Jenis Segitiga */ 

• Untuk menentukan program yang akan di jalani, yaitu menentukan jenis segitiga

2. #Include <stdio.h>
  
• #Include adalah memasukkan file header 
ke dalam program. Sedangkan, <stdio.h> yang menyediakan fungsi untuk input dan output, seperti printed dan scanf. 

3. int main() 

• Tipe data yang akan dikembalikan nilainya kembali
  
4. {
  
• Sebagai pembuka codingan

5.  int a, b, c;

• int yaitu bilangan bulat dan a, b, c yaitu variabel

6. scanf ("%d, %d, %d",  &a, &b, &c);

• scanf yaitu sebagai pembaca nilai yang di input
• "%d, %d, %d" Untuk membaca bilangan bulat
• &a, &b, &c untuk membaca variabel

Lewati 1 bagian, supaya tidak error

7. if ((a>= b + c) || (b>= a + c) || (c >= a + b)) 
        printf("Bukan Segitiga");

• if = jika / kalau
• jika salah satu dari ketiga kondisi di atas ada yang benar, maka program akan mencetak 'Bukan Segitiga'
• printf = mencetak

Contoh :



8. else = selain atau kondisi sebelumnya tidak ada yang benar

9. if ((a == b) && (b == c))
        printf("Segitiga Sama Sisi");

• if = jika / kalau
• jika salah satu kondisi di atas ada yang sama sisinya, maka program akan mencetak 'Segitiga Sama Sisi'
• Printf = mencetak

Contoh : 




10. else if ((a == b) || (b == c) || (a == c)) 
         printf("Segitiga Sama Kaki");

• else if = jika kondisi sebelumnya tidak benar
• jika salah satu dari ketiga kondisi di atas memiliki dua sisi yang panjangnya sama, maka program akan mencetak 'Segitiga Sama Kaki'
• printf = mencetak

Contoh : 




11. else = selain atau kondisi sebelumnya tidak ada yang benar

12. printf("Segitiga Sembarang");
• jika tidak ada sisi yang sama, makan program akan mencetak 'Segitiga Sembarang'

Contoh : 



13. return 0;
• memberi tau bahwa program sudah selesai

14. }
• sebagai penutup coding

0 Komentar